Pengembangan Media Pembelajaran Video Suksesi Ekosistem Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pengusaan Konsep Suksesi Ekosistem Mahasiswa Strata 1 Pendidikan Biologi

Handziko, Rio Christy (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Video Suksesi Ekosistem Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pengusaan Konsep Suksesi Ekosistem Mahasiswa Strata 1 Pendidikan Biologi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rio-christy-handziko-11708251012.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun media pembelajaran suksesi ekosistem yang berisi video suksesi ekosistem Merapi pasca erupsi 2010 yang layak dan mampu meningkatkan motivasi belajar dan serta meningkatkan penguasaan konsep suksesi pada mahasiswa jurusan pendidikan biologi strata 1 pada mata kuliah ekologi. Pengambilan gambar video ini berlokasi di lereng Merapi yang sudah dikaji bahwa lokasi tersebut sesuai dengan perkiraan perkembangan suksesi ekosistem Merapi. Pengujian produk melibatkan ahli media, ahli materi, dosen, rekan sejawat. Pengujian dibagi menjadi dua macam; uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Uji coba terbatas melibatkan 30 mahasiswa dan uji coba lapangan melibatkan 30 mahasiswa kelas eksperimen dan 30 mahasiswa sebagai kelas kontrol sebagai pembanding. Penelitian ini terdiri dari dua bagian. Pertama adalah penelitian kondisi perkuliahan. Beberapa analisis dilakukan terkait dengan analisis kurikulum, analisis mahasiswa, analisis tugas, analisis konsep dan analisis tujuan pembelajaran. Hasil analisis tersebut kemudian menjadi evaluasi untuk pengembangan produk yang akan dihasilkan. Kedua adalah produk yang dihasilkan akan menjalani serangkaian uji kepada beberapa subjek uji dengan bantuan instrumen penelitian media pembelajaran yang sudah divalidasi oleh expert judgement. Serangkaian uji tersebut bertujuan untuk menguji kelayakannya serta menguji pengaruhnya terhadap motivasi belajar dan penguasaan konsep mahasiswa. Uji produk pertama adalah penilaian contoh produk. Ahli media memberi penilaian “Baik” sedangkan ahli materi, rekan sejawat dan dosen memberi penilaian “Sangat Baik. Sejumlah saran menjadi evaluasi revisi produk. Selanjutnya adalah uji kelas terbatas, hasilnya adalah “Sangat Setuju” setara dengan “Sangat Baik”. Saran dari uji terbatas pun menjadi evaluasi revisi produk. Pengujian ketiga pada kelas lapangan. Produk diuji penggunaannya pada peningkatan motivasi belajar dan peningkatan penguasaan konsep, serta uji beda terhadap kelas kontrol. Hasil uji kelayakan media mendapatkan penilaian “Baik” dan analisis gain score motivasi belajar, penggunaan produk dapat meningkatkan motivasi belajar sebesar 0,16 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,14. Pada uji gain score penguasaan konsep, peningkatannya sebesar 0,65 dan 0,52 pada kelas kontrol. Pada uji beda diantara kedua kelas tersebut, analisis data dilakukan menggunakan uji t. Hasil uji data motivasi belajar dan penguasaan konsep menunjukan t-hitung sebesar 0,044 dan 0,000 pada hubungan antar kelas. Nilai t-hitung yang lebih kecil dari 0,05 menandakan adanya perbedaan antara kedua kelas tersebut. Ini berarti media pembelajaran memiliki keberartian dalam penggunaannya dan benar-benar memberikan dampak terhadap motivasi belajar dan penguasaan konsep suksesi mahasiswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: foto, video, perbandingan, suksesi ekosistem, gunung Merapi, motivasi belajar dan penguasaan konsep
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12798

Actions (login required)

View Item View Item