PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TLACAP SLEMAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Ika, Kumalasari (2015) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TLACAP SLEMAN TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IKA KUMALASARI_NIM 10108247101.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas V SD Negeri Tlacap Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri Tlacap Kecamatan Sleman yang berjumlah 23 siswa. Penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 75% dari jumlah siswa keaktifannya telah mencapai minimal berkategori tinggi, maka tindakan dinyatakan berhasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dikenai tindakan, keaktifan siswa rendah, terlihat dari jumlah siswa yang keaktifannya minimal berkategori tinggi hanya berjumlah 5 siswa (22%). Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas V SD Negeri Tlacap. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS setelah dikenai tindakan siklus I diperoleh jumlah siswa yang keaktifannya minimal berkategori tinggi adalah 15 siswa (65%). Demikian pula setelah dilakukan perbaikan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPS pada siklus II, terjadi peningkatan jumlah siswa yang keaktifannya minimal berkategori tinggi, dari 15 siswa (65%) pada siklus I menjadi 19 siswa (83%). Kata kunci: keaktifan siswa, pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 29 Jan 2019 18:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12781

Actions (login required)

View Item View Item