PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS VA SD NEGERI KENTUNGAN KECAMATAN DEPOK SLEMAN

Tutut, - (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS VA SD NEGERI KENTUNGAN KECAMATAN DEPOK SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-TUTUT.pdf

Download (59MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas VA SD Negeri Kentungan, Kecamatan Depok Sleman dalam pembelajaran menggunakan model picture and picture. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang dilakukan dalam tahapan siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas VA SD Negeri Kentungan, Kecamatan Depok Sleman yang berjumlah 26 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan narasi dalam pembelajaran menggunakan model picture and picture. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah jika 70% jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar telah mencapai taraf keberhasilan minimal atau Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM) yang telah ditentukan yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam menulis karangan narasi dan aktivitas siswa dalam pembelajaran di kelas. Hasil menulis karangan narasi pada pratindakan, siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 10 siswa atau 38,46%, sedangkan pada siklus I menjadi 16 siswa atau 61,54% dan pada siklus II mencapai 19 siswa atau 73,08%. Pada tahap pratindakan, siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru dan tidak mau membacakan hasil karangan di depan kelas. Pada siklus I ketertarikan siswa sudah mulai terlihat. Siswa antusias dalam menyusun gambar seri di depan kelas. Pada siklus II sudah berebut untuk menyusun gambar seri dan membacakan hasil karangan narasi di depan kelas. Kata kunci : Keterampilan Menulis Karangan Narasi, Model Picture and Picture

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 29 Jan 2019 18:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12773

Actions (login required)

View Item View Item