KOMPETENSI GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI KAWEDEN MLATI

Yustina, Martini (2015) KOMPETENSI GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI KAWEDEN MLATI. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Yustina Martini - NIM 10108247063.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru dalam perencanaan pembelajaran di SD Negeri Kaweden Mlati. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas di SD Negeri Kaweden yang berjumlah 6 orang. Obyek penelitian ini adalah kompetensi guru dalam perencanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa guru kelas di SD Negeri Kaweden pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 telah menyusun program perencanaan pembelajaran. Program perencanaan yang telah disusun oleh guru yaitu: kalender pendidikan, rencana minggu efektif, program tahunan, program semester, silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kalender pendidikan disusun oleh guru dan kepala sekolah. Guru menghitung minggu efektif dan hari efektif dari kalender pendidikan yang telah disusun. Program tahunan dan program semester disusun oleh guru berpedoman pada rencana minggu efektif. Guru menyusun silabus berpedoman pada kurikulum yang berlaku di sekolah. Guru kelas menyusun RPP berpedoman pada silabus dan program semester. RPP yang disusun terdiri dari komponen standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan, langkah pembelajaran, materi, metode, media, sumber belajar dan penilaian. Kata kunci : Kompetensi guru, perencanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 29 Jan 2019 18:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12764

Actions (login required)

View Item View Item