Dinamika Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Sekolah Efektif di SD Kanisius Kadirojo, SD Kanisius Sengkan, dan SD Kanisius Duwet

Widiyastuti, Margareta (2014) Dinamika Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Sekolah Efektif di SD Kanisius Kadirojo, SD Kanisius Sengkan, dan SD Kanisius Duwet. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-margareta-widyastuti-12703254002.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaknai dinamika kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah efektif di SD Kanisius Kadirojo, SD Kanisius Sengkan, dan SD Kanisius Duwet. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan pada kondisi alamiah, langsung ke sumber data, lebih bersifat deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SD Kanisius Kadirojo, SD Kanisius Sengkan, dan SD Kanisius Duwet, Kabupaten Sleman. Ketiga sekolah tersebut diselenggarakan oleh Yayasan Kanisius Cabang Yogyakarta. Subjek atau responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pegawai (guru dan karyawan), pengurus inti komite sekolah (ketua/wakil), dan orang tua murid. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan angket. Proses penelitiannya ada tiga tahap: tahap orientasi, reduksi, dan seleksi untuk menemukan tema dengan cara mengkonstrusikan data yang diperoleh menjadi suatu bangunan pengetahuan. Analisis datanya menggunakan analisis induktif interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika kepemimpinan kepala sekolah sangat bermakna dalam mengembangkan sekolah efektif di SD Kanisius Kadirojo, SD Kanisius Sengkan, dan SD Kanisius Duwet. Kondisi awal sekolah “memprihatinkan” kemudian mereka mengembangkan menjadi kondisi sekolah saat ini, yang eksis, mampu bertahan hidup, yang menarik minat masyarakat, bahkan berkembang dalam kualitas, dan sedikit banyak bertumbuh dalam kuantitas. SD Kanisius Kadirojo berhasil menjadi sekolah adiwiyata mandiri nasional; jumlah muridnya stabil; banyak muridnya yang berprestasi; dan memiliki kekhasan keterampilan daur ulang. SD Kanisius Sengkan berhasil menjadi sekolah yang menarik minat masyarakat; jumlah muridnya bertambah pesat (sekarang sudah tiga parallel; warga sekolah (guru, karyawan, murid)-nya berprestasi dan memiliki kekhasan perikanan lele. SD Kanisius Duwet berhasil menarik minat masyarakat sehingga muridnya terus bertambah; banyak muridnya yang berprestasi; dan warga sekolah memiliki keramahan yang spontan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepala sekolah, dinamika kepemimpinan, sekolah efektif.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Manajemen
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 09 May 2019 01:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12559

Actions (login required)

View Item View Item