Pengaruh Budaya Kerja Guru, Komitmen Guru, dan Motivasi Kerja Guru terhadap Iklim Organisasi Sekolah Dasar di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes

Machwati, Azzi (2014) Pengaruh Budaya Kerja Guru, Komitmen Guru, dan Motivasi Kerja Guru terhadap Iklim Organisasi Sekolah Dasar di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-azzi-machwati-12703259025.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh budaya kerja guru, komitmen guru, dan motivasi kerja guru terhadap iklim organisasi sekolah dasar di Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi penelitian terdiri dari sejumlah 55 sekolah dasar di Kecamatan Ketanggungan. Sampel penelitian berjumlah 48 sekolah dasar ditentukan menggunakan simple random sampling technique. Dan penentuan responden dilakukan dengan stratified random sampling technique. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian validitas item dilakukan dengan mengkorelasikan skor setiap item jawaban responden dengan skor total item pertanyaan, sedangkan reliabilitas instrumen diuji dengan konsistensi internal teknik Alpha_Cronbach. Uji persyaratan analisis terdiri atas uji normalitas, homogenitas, dan linearitas. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa iklim organisasi sekolah di sekolah dasar Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes adalah sebagai berikut: sebesar 6,25% sekolah memiliki iklim organisasi sangat baik; 18,75% sekolah memiliki iklim organisasi yang baik; 33,33% kategori baik; 37,50% kategori kurang baik; dan 4,17% sekolah memiliki kategori tidak baik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya kerja guru, komitmen guru, dan motivasi kerja guru terhadap iklim organisasi sekolah (Adjusted R2=0,418). Hal ini menjelaskan bahwa budaya kerja guru, komitmen guru, dan motivasi kerja guru secara bersama-sama mampu menjelaskan varian iklim organisasi sekolah sebesar 41,8%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: budaya kerja, komitmen, motivasi kerja, iklim organisasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 09 May 2019 00:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12483

Actions (login required)

View Item View Item