Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris untuk Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Palopo

Muin, Fadhiyah rahmah (2014) Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris untuk Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Palopo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fadliyah-rahmah-muin-10706259064.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan pembelajaran yang layak bagi mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) STAIN Palopo. Pengembangan ini berdasarkan target dan kebutuhan pembelajaran mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) STAIN Palopo dalam belajar bahasa Inggris 2. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model desain ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement dan Evaluate) dengan tahapan: (1) Analisis kebutuhan; (2) desain, (3) pengembangan; (4) implementasi; dan (5) evaluasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Responden dalam penelitian ini adalah satu orang ahli materi, satu orang ahli bidang Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), satu orang ahli kegrafikaan (ahli Layout), dan sembilan orang mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam sebagai pengguna. Penelitian ini mengembangkan tiga unit materi bahan ajar bahasa Inggris untuk mahasiswa KPI STAIN Palopo. Judul dari tiga unit tersebut adalah Let’s Write News, Arranging Radio Program, danMorning News. Data penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar dalam penelitian ini layak, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai mean data dari kuesioner ahli materi sebesar 4.00 (sangat baik), ahli layout desain sebesar 4.60 (sangat baik), dan kuesioner tryout untuk mahasiswa; mean dari tryout unit 1 adalah 4.40 (sangat baik), unit 2 adalah 4.50 (sangat baik), dan unit 3 adalah 4.44 (sangat baik). Penelitian ini menunjukkan karakteristik bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Karakteristik tersebut adalah (1) sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, (2) berisi gambar yang mendukung pembelajaran, (3) disusun dari mudah ke sulit, (4) memfasilitasi siswa untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman lain di kelas English for Islamic Broadcasting Communication, (5) berisi kegiatan yang bersifat individu, berpasangan, dan berkelompok, dan (6) mengintegrasikan empat kemampuan bahasa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, bahan ajar bahasa Inggris, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2015 02:42
Last Modified: 17 Nov 2022 03:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12012

Actions (login required)

View Item View Item