Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif dengan Tema “Lingkunganku Bersih dan Sehat” Berbasis Nilai Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab untuk Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar Negeri 2 Padokan Bantul

Ariyani, Yusinta Dwi (2014) Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif dengan Tema “Lingkunganku Bersih dan Sehat” Berbasis Nilai Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab untuk Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar Negeri 2 Padokan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yusinta-dwi-ariyani-12712251036.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar tematik-integratif dengan tema “lingkunganku bersih dan sehat” berbasis nilai karakter peduli lingkungan dan tanggung jawab yang layak dan efektif untuk peserta didik kelas I SDN 2 Padokan Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R & D), yang terdiri dari 9 tahap, yaitu: 1) studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba awal, 5) revisi untuk menyusun produk utama, 6) uji lapangan utama, 7) revisi produk operasional, 8) uji lapangan operasional, 9) revisi produk akhir. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalent-group pretest-postest design. Subjek uji coba awal pada penelitian ini sebanyak 3 orang peserta didik kelas IC SDN 2 Padokan Bantul. Subjek uji lapangan utama pada penelitian ini sebanyak 10 orang peserta didik kelas IC SDN 2 Padokan Bantul. Subjek uji lapangan operasional pada kelas eksperimen adalah 30 orang peserta didik kelas IB SDN 2 Padokan Bantul dan kelas kontrol adalah 30 orang peserta didik kelas IA SDN 2 Padokan Bantul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, penilaian produk dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian produk bahan ajar untuk ahli materi, ahli media dan guru, lembar observasi karakter digunakan untuk mengamati karakter peduli lingkungan dan tanggung jawab serta pedoman wawancara digunakan sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar untuk mendapatkan data mengenai kelayakan dan kefektifan dari bahan ajar yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Kelayakan bahan ajar ditunjukkan dengan penilaian “baik” oleh ahli materi dengan skor 50, penilaian “sangat baik” oleh ahli media dengan skor 47 dan penilaian “baik” oleh guru dengan skor 75. Keefektifan dibuktikan dengan hasil uji-t = -8,939 yang menunjukkan bahwa kenaikan rerata skor signifikan dengan nilai p sebesar 0,05 untuk karakter peduli lingkungan dan untuk karakter tanggung jawab hasil uji-t = -6,254 yang menunjukkan bahwa kenaikan rerata skor signifikan dengan nilai p sebesar 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, tematik-integratif, karakter peduli lingkungan, karakter tanggung jawab
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:46
Last Modified: 08 May 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11846

Actions (login required)

View Item View Item