Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Se-gugus IV Kecamatan Banguntapan

Astuti, yanuarita widi (2014) Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD Se-gugus IV Kecamatan Banguntapan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yanuarita-widi-astuti-12712259006.swf

Download (29MB)

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan penggunaan media film animasi. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film animasi terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD se-gugus IV Kecamatan Banguntapan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-gugus IV Kecamatan Banguntapan pada semester I tahun ajaran 2013/2014. Sampel dipilih sebanyak tiga kelas dengan menggunakan teknik simple random sampling. Kelompok eksperimen berjumlah dua kelas diberi perlakuan menggunakan media film animasi sedangkan kelompok kontrol berjumlah satu kelas diberi pembelajaran menggunakan media gambar berseri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui keterampilan menulis karangan narasi siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Instrumen tes divalidasi dengan teknik expert judgement kemudian diujicobakan. Hasil ujicoba dianalisis menggunakan Alpha Cronbach pada SPSS versi 17 dengan hasil reliabilitas 0,846. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji homogentias menggunakan Levene Test. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t dan Anova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor keterampilan menulis kelompok kontrol, kelompok eksperimen I, dan kelompok eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. Kelompok kontrol memperoleh rata-rata skor pretes 27,92 dan postes 29,51, kelompok eksperimen I memperoleh rata-rata skor pretes 27,95 dan postes 31,73, sedangkan kelompok eksperimen II memperoleh rata-rata skor pretes 27,75 dan postes 31,33. Peningkatan rata-rata skor yang diperoleh kelompok kontrol sebesar 1,59. Peningkatan rata-rata skor kelompok eksperimen I sebesar 3,78 dan peningkatan rata-rata skor kelompok eksperimen II sebesar 3,58. Hasil uji t kelompok kontrol dan kelompok eksperimen I diketahui nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji t kelompok kontrol dan kelompok eksperimen II menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji Anova menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media film animasi terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD se-gugus IV Kecamatan Banguntapan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media film animasi, keterampilan menulis karangan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:46
Last Modified: 08 May 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11842

Actions (login required)

View Item View Item