Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas VI SDN 8 Padang Laweh, Kabupaten Sijunjung

Efendi, tasrial (2014) Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas VI SDN 8 Padang Laweh, Kabupaten Sijunjung. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tasrial-efendi-12712259021.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran membaca intensif, (2) kemampuan membaca intensif siswa kelas VI SDN 8 Padang Laweh dengan pendekatan kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Variabel penelitian meliputi variabel bebas berupa pendekatan cooperative learning tipe STAD, dan variabel terikat berupa kemampuan membaca intensif. Penelitian ini diimplementasikan pada siswa kelas VI di SD Negeri 8 Padang Laweh Sijunjung karena diindikasikan bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran membaca intensif masih rendah. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus pada semester I tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan cooperative learning tipe STAD dalam pembelajaran membaca intensif terbukti dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran membaca intensif siswa. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dari rata-rata 64,33 pada siklus 1 menjadi 80,67 pada siklus 2 dengan kategori sangat baik. Aktivitas guru dalam proses pembelajaran rata-rata 69,00 dengan kategori baik pada siklus 1 menjadi 83,00 pada siklus 2 dengan kategori sangat baik. Kemampuan membaca intensif siswa mengalami peningkatan, yaitu dari rata-rata 66,33 pada siklus 1 menjadi 80,73 pada siklus 2 dengan kategori sangat baik. Ketuntasan belajar klasikal dari 33,33% di siklus 1 meningkat menjadi 86,67% di siklus 2. Jadi pelaksanaan tindakan menggunakan pendekatan cooperative learning tipe STAD telah mencapai indikator keberhasilan dalam penelitian ini, yakni nilai perolehan rata-rata kemampuan membaca intensif mencapai KKM 70,00 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 80%. Pelaksanaan proses pembelajaran baik dari aktivitas guru maupun aktivitas siswa memperoleh rata-rata ≥80,00 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, pendekatan cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif dan dapat meningkatkan proses pembelajaran membaca intensif siswa kelas VI SD Negeri 8 Padang Laweh Sijunjung.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca intensif, pendekatan cooperative learning tipe STAD
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:45
Last Modified: 08 May 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11839

Actions (login required)

View Item View Item