Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik-Integratif pada Cita-citaku Berbasis Sosiokultural bagi Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pujokusuman 1

Arifin, Slamet (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik-Integratif pada Cita-citaku Berbasis Sosiokultural bagi Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pujokusuman 1. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-slamet-arifin-12712251032.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan perangkat pembelajaran tematik-integratif pada tema cita-citaku berbasis sosiokultural yang layak bagi peserta didik kelas IV di SD N Pujokusuman 1, dan (2) mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran tematik-integratif pada tema cita-citaku berbasis sosiokultural untuk peserta didik kelas IV SD N Pujokusuman , Yogyakarta. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas tiga prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) tahap pendahuluan, (b) tahap pengembangan, dan (c) tahap pengujian. Subjek uji coba utama adalah 28 peserta didik kelas IV A SD N Pujokususman 1. Subjek uji operasional terdiri dari 84 peserta didik kelas IV SD N Pujokususman 1. Subjek uji coba produk operasional pada kelas eksperimen sebanyak 56 peserta didik kelas IV B dan D SD N Pujokususman 1 dan pada kelas kontrol sebanyak 28 peserta didik kelas IV C SD N Pujokususman 1. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian produk perangkat pembelajaran, lembar observasi cheek list guru, lembar observasi cheek list peserta didik, tes hasil belajar, dan angket respon guru. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek silabus, aspek RPP, aspek media pembelajaran, dan aspek soal tes hasil belajar menurut ahli materi, ahli media, dan ahli evaluasi berkategori “sangat baik”. Penerapan perangkat pembelajaran secara umum dapat terlaksana dengan kategori “sangat baik”. Terdapat perbedaan hasil akhir antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis sosiokultural dengan p < 0,05 kemudian terjadi pula peningkatan yang signifikan dengan p = 0,0001.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, tematik-integratif, pembelajaran berbasis sosiokultural
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:45
Last Modified: 08 May 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11834

Actions (login required)

View Item View Item