Upaya Meningkatkan Keterampilan Hitung Bilangan Bulat melalui Model Electrical Charges Siswa Kelas V SD 1 Kadipiro, Kasihan, Bantul

Muginah, Muginah (2014) Upaya Meningkatkan Keterampilan Hitung Bilangan Bulat melalui Model Electrical Charges Siswa Kelas V SD 1 Kadipiro, Kasihan, Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muginah-12712259001.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan hitung bilangan bulat dengan model electrical charges pada siswa kelas V SD 1 Kadipiro, Kasihan, Bantul. Fokus penelitian adalah peningkatan nilai rata-rata ulangan harian, peningkatan persentase siswa yang mencapai KKM, dan respon siswa terhadap pembelajaran bilangan bulat dengan model Electrical Charges. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas (PTK), yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus mengikuti tahapan-tahapan Model Kemmis dan Taggart yang meliputi: perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD 1 Kadipiro yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, catatan lapangan, tes, dan angket. Observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, tes digunakan untuk mengetahui keterampilan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas V SD 1 Kadipiro, dan angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran bilangan bulat menggunakan model Electrical Charges. Kriteria keberhasilan penelitian diukur dari (1) nilai rata-rata kelas minimal 70, (2) minimal 80% siswa telah mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 65, dan (3) minimal 80% siswa memberikan respon terhadap pembelajaran dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Electrical Charges dapat meningkatkan keterampilan operasi hitung bilangan bulat. Hal itu terbukti dari tercapainya semua kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian. Di antaranya (1) hasil tes menunjukkan peningkatkan nilai rata-rata kelas (2) persentase siswa yang mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah meningkat, dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran operasi bilangan bulat dengan model Electrical Charges dalam kategori baik. Pada pre tes, nilai rata-rata 55 dan persentase siswa yang mencapai ketuntasan adalah 29%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 68,9 dan persentase siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 66%, serta 100% siswa memberikan respon terhadap pembelajaran dalam kategori baik. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 73,6 dan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 91%, serta 100% siswa memberikan respon terhadap pembelajaran dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, operasi hitung, bilangan bulat, model electrical changes
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:45
Last Modified: 08 May 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11829

Actions (login required)

View Item View Item