Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tematik-Integratif Berbasis Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Turus Kediri

Luncana, faridhoh sasmito (2014) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tematik-Integratif Berbasis Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Turus Kediri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-luncana-faridhoh-sasmito-12712251046.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menghasilkan LKPD tematik-integratif berbasis pendidikan karakter yang layak pada peserta didik kelas IV SDN Turus Kediri dan (2) mengetahui keefektifan LKPD tematik-integratif berbasis nilai pendidikan karakter pada peserta didik kelas IV SDN Turus Kediri yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba terbatas adalah delapan peserta didik kelas IV SDN Turus Kediri. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 28 peseta didik kelas IV SDN Turus Kediri. Subjek uji coba produk operasional pada kelas eksperimen adalah 28 peseta didik kelas IV A SDN Turus Kediri dan pada kelas kontrol sebanyak 28 peserta didik kelas IV B SDN Turus Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Data peningkatan karakter kreatif dan kerja keras dianalisis dengan menggunakan uji t-pair dan independen t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) LKPD ditinjau dari aspek penyajian, dan pengintegrasian karakter menurut ahli evaluasi dan ahli kurikulum mendapatkan skor 4 berkategori “baik”. Penerapan LKPD secara umum dapat terlaksana mendapatkan skor 4 dengan kategori “ baik”. (2) Hasil uji coba LKPD berpengaruh signifikan terhadap peningkatan karakter kreatif dengan nilai signifikansi 0,004< 0,005. Rata-rata peningkatan karakter kreatif peserta didik yang diajarkan menggunakan LKPD lebih besar dari pada yang diajarkan menggunakan menggunakan LKS biasa. Hasil uji coba LKPD berpengaruh signifikan terhadap peningkatan karakter kerja keras dengan nilai signifikansi 0,000< 0,005. Rata-rata peningkatan karakter kerja keras peserta didik yang diajarkan menggunakan LKPD lebih besar dari pada yang diajarkan menggunakan menggunakan LKS biasa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja peserta didik (LKPD), tematik-integratif, karakter kreatif dan kerja keras
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:45
Last Modified: 08 May 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11826

Actions (login required)

View Item View Item