Pengaruh Pengaturan Tempat Duduk Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Integratif Bagi Peserta Didik Kelas IV SD Muhammadiyah Ponorogo

Rohmanurmeta, fauzatul ma'rufah (2014) Pengaruh Pengaturan Tempat Duduk Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Integratif Bagi Peserta Didik Kelas IV SD Muhammadiyah Ponorogo. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-fauzatul-ma'rufah-r.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pengaturan tempat duduk terhadap motivasi belajar dan hasil belajar pada pembelajaran tematik integratif bagi peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain pretest-posttest with nonequivalent groups . Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Ponorogo Propinsi Jawa Timur semester II tahun ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dengan cara acak diambil tiga kelas yang masing masing terdiri dari kelompok eksperimen I berjumlah 34 peserta didik, kelompok eksperimen II berjumlah 33 peserta didik dan kelompok kontrol berjumlah 33 peserta didik. Pretest dan Posttest digunakan untuk mengukur motivasi dan hasil belajar peserta didik. Validitas dan reliabilitas instrumen dihitung dengan program SPSS 17.00 for windows . Analisis data menggunakan statistik uji independent t untuk mengetahui pengaruh pengaturan tempat duduk yang meliputi variasi gaya pengaturan tempat duduk (gaya berhadap-hadapan, gaya chevron, gaya kelompok, gaya seminar, dan gaya konferensi) pada kelas eksperimen dan pengaturan tempat duduk gaya tradisional pada kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variasi gaya pengaturan tempat duduk terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik SD Muhammadiyah Ponorogo pada tema cita-citaku. Terbukti dari hasil uji-t dengan signifikansi 0,000 pada kelompok eksperimen I dan eksperimen II, artinya variasi gaya pengaturan tempat duduk mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar tema cita-citaku peserta didik SD Muhammadiyah Ponorogo.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:45
Last Modified: 08 May 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11819

Actions (login required)

View Item View Item