Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Budaya (PBB) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD

Kristin, Firosalia (2013) Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Budaya (PBB) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak_firosalia_kristin.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model Pembelajaran Berbasis Budaya (PBB) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 01 Tridarma Wirajaya, Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IVA dan IVB di SD Negeri 01 Tridarma Wirajaya Lampung sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IVA dengan jumlah siswa 29 orang terpilih sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB dengan jumlah siswa 27 orang terpilih sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t untuk sampel independen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PBB efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 01 Tridarma Wirajaya, Lampung. Hasil analisis data bahwa nilai rata-rata pre test hasil belajar kelompok eksperimen sebelum diberi model PBB pada pembelajaran IPS adalah sebesar 7,53, sedangkan nilai rata-rata post test hasil belajar IPS setelah diberi model PBB adalah sebesar 17,13. Nilai rata-rata pre test kelompok kontrol adalah sebesar 7,37, sedangkan nilai rata-rata post test adalah sebesar 14,66. Data gain untuk kelas eksperimen 9,60 dan kelas kontrol 7,27. Dari hasil uji-t didapat thitung > ttabel yaitu 3,343>2,000

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Apr 2014 00:34
Last Modified: 08 May 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10974

Actions (login required)

View Item View Item