Implementasi Pembelajaran Tematik pada sekolah dasar negeri di Gugus III Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Sakti, Bayu Purbha (2013) Implementasi Pembelajaran Tematik pada sekolah dasar negeri di Gugus III Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-bayu-purbha-sakti-11712251012.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaknai implementasi pembelajaran tematik di Gugus III Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian etnografi. Subjek penelitian ini adalah para guru kelas I, II, dan III. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi serta dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Guru sudah memahami pembelajaran tematik, tetapi masihada 2 guru yang belum memahaminya. 2) Guru sudah merencanakan pembelajaran tematik dengan menggunakan silabus dan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) yang memiliki tema, tetapi masih ada 8 guru yang tidak menggunakannya. 3) Metode mengajaryang diterapkan para guru dalam implementasi pembelajaran tematik yaitu metode ceramah, kooperatif, dan peragaan. 4) Hambatan yang dihadapi adalah:a) Minimnyapengetahuan orang tua dan siswa. b) Lingkungan masyarakat yang tidak kondusif.c) Keterbatasanalat peraga, buku, dan sosialisasi dinas. d) Minimnyapengetahuan guru.5) Upaya guru mengatasi hambatan dengan: a) Menjelaskanpembelajaran tematik kepada orang tua dan memilihmedia dan metode yang sesuai untuk siswa. b) Menyelenggarakan bimbingan belajar di lingkungan masyarakat. c) Mencariinformasi di buku, internet, dan seminar supaya guru memiliki inovasi untuk mengatasi keterbatasan pembelajaran tematik. d) Berbagiinformasi dengan guru tematikyang lainuntuk menambah pengetahuan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tematik, implementasi pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Apr 2014 00:34
Last Modified: 08 May 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10967

Actions (login required)

View Item View Item