Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Student Teams-Achievement Division (STAD) dalam Pembelajaran Reading Siswa Kelas X SMK

Amaliah, Andi Nurdini (2012) Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Student Teams-Achievement Division (STAD) dalam Pembelajaran Reading Siswa Kelas X SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andi nurdini amaliah-10706259053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan: (1) metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD dalam pembelajaran reading comprehension; (2) metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan metode konvensional dalam pembelajaran reading comprehension; (3) metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan metode konvensional dalam pembelajaran reading comprehension; dan (4) metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, tipe STAD dan konvensional dalam pembelajaran reading comprehension siswa kelas X SMKN 1 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design dengan dua kelompok eksperimen, masing-masing diberi perlakuan dengan mengunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD serta satu kelompok kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X SMKN 1 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu yang berjumlah empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh tiga kelas sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yaitu kelas X TKJ, X AP 1 dan X AP 2. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda yang telah diujicoba di SMKN 1 Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu dengan nilai Alpha sebesar 0,889. Pengujian validitas butir soal dilakukan dengan expert judgment sedangkan uji reliabilitas menggunakan ITEMAN. Teknik analisis data menggunakan uji-t 2 sampel bebas dan Anava satu jalan yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan keefektifan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD yang signifikan dalam pembelajaran reading comprehension, dengan nilai sig. 0,006 lebih kecil dari tingkat sig. yang ditetapkan (α) 0,05; (2) ada perbedaan keefektifan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan metoe pembelajaran konvensional yang signifikan dalam pembelajaran reading comprehension, dengan nilai sig. 0,000 lebih kecil dari tingkat sig. yang ditetapkan (α) 0,05; (3) ada perbedaan keefektifan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dan metode pembelajaran konvensional yang signifikan dalam pembelajaran reading comprehension, dengan nilai sig. 0,011 lebih kecil dari tingkat sig. yang ditetapkan (α) 0,05; dan (4) ada perbedaan keefektifan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, tipe STAD dan metode pembelajaran konvensional yang signifikan dalam pembelajaran reading comprehension, dengan nilai sig. 0,000 lebih kecil dari tingkat sig. yang ditetapkan (α) 0,05 dengan nilai rata-rata kelompok Jigsaw sebesar 56,4118; nilai rata-rata kelompok STAD sebesar 51,4706 dan nilai rata-rata kelompok konvensional sebesar 47,1471. Hal ini berarti pembelajaran reading comprehension dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw paling efektif dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran tipe STAD dan metode pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru dapat menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sebagai alternatif dalam pembelajaran reading comprehension yang lebih efektif dibandingkan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD maupun metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Apr 2014 01:04
Last Modified: 30 Nov 2022 02:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10922

Actions (login required)

View Item View Item