UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS)PADA SISWA KELAS V SDN PANDANPURO 2 PAKEM SLEMAN

Hestarini, Rifki (2013) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS)PADA SISWA KELAS V SDN PANDANPURO 2 PAKEM SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rifki Hestarini.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Pandanpuro 2 Pakem Sleman melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dimana peneliti bertindak sebagai pengamat berkolaborasi dengan guru kelas sebagai pengajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pandanpuro 2 yang berjumlah 23 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Objek penelitian adalah peningkatan prestasi belajar matematika pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk prestasi belajar, dan deskriptif kualitatif untuk hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang siswa kelas V SDN Pandanpuro 2. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata siswa 42,17 dengan persentase ketuntasan sebesar 30,43%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 69,57 dengan persentase ketuntasan sebesar 65,22%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 77,35 dengan persentase ketuntasan sebesar 91,30%. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Pada siklus I aktivitas siswa sebesar 76,52% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,70%. Kata Kunci: prestasi belajar matematika, model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Jul 2013 07:26
Last Modified: 29 Jan 2019 18:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10581

Actions (login required)

View Item View Item