UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TLACAP SLEMAN

Rositawati, - (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TLACAP SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ROSITAWATI.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas III SD Negeri Tlacap, Sleman dengan menggunakan metode permainan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri Tlacap, Sleman semester gasal tahun ajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus memiliki tiga komponen yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik penilaian berbentuk tugas menulis puisi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya kemampuan menulis puisi siswa yang ditandai dengan 75 % siswa mendapatkan nilai ≥ 71 (nilai Kriteria Ketuntasan Minimal) dan meningkatnya keaktifan siswa pada proses pembelajaran menulis puisi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode permainan dalam pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi dan kualitas proses pembelajaran. Nilai menulis puisi dibuktikan dengan nilai rata-rata kondisi awal 65.00, siklus 1 68.00, siklus 2 71.97, dan siklus 3 77.14. Siswa mengalami kenaikan sebesar 4,6% (dari kondisi awal ke siklus 1), kenaikan sebesar 5,8% (dari siklus 1 ke siklus 2 ), dan kenaikan sebesar 7,2% (dari siklus 2 ke siklus 3). Sedangkan, proses pembelajaran menulis puisi sesuai dengan hasil observasi siswa pada siklus 1 siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Pada siklus 2 sebagian besar siswa aktif dalam proses pembelajaran dan pada siklus 3 siswa sudah lebih aktif dan terlibat kerjasama dengan temannya. Kata kunci : kemampuan menulis puisi, metode permainan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Jul 2013 02:06
Last Modified: 29 Jan 2019 18:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10579

Actions (login required)

View Item View Item