PENINGKATAN HASIL BELAJAR PECAHAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I DUWET NGAWEN KLATEN

Prihatsari, Yulia (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PECAHAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I DUWET NGAWEN KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yulia Prihatsari.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pecahan pada siswa kelas V SD Negeri I Duwet kabupaten Klaten melalui penggunaaan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri I Duwet yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan lembar observasi yang telah diuji menggunakan validitas konstruk dengan melakukan judment experts pada bapak Sri Rochadi,M.Pd selaku dosen ahli Matematika. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pecahan siswa kelas V SDN I Duwet dapat ditingkatkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari perolehan nilai siswa sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata siswa 51,72 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 18,2%, pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 62,65 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 36,4%. Peningkatan secara sicnifikan terlihat pada siklus II setelah dilakukan perbaikan pembelajaran dengan lebih mengaktifkan interaksi antara guru dengan siswa, pergantian anggota kelompok disetiap pertemuan, dan pemberian penghargaan bagi kelompok paling aktif maka diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 83,5 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 81,8%. Di samping hasil belajar meningkat, pembelajaran kooperatif tipe STAD menjadikan aktifitas guru dan siswa meningkat. Pada siklus I aktivitas siswa sebesar 54,91% dengan aktifitas guru sebesar 76,65%. Pada siklus II meningkat dengan persentase aktifitas siswa sebesar 81,67% dan aktifitas guru menjadi 86,67% Kata Kunci: Hasil Belajar Pecahan, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jun 2013 00:53
Last Modified: 29 Jan 2019 18:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10547

Actions (login required)

View Item View Item