PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) SISWA KELAS VI SD NEGERI JATISARI KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN

Astuti, Desi Dwi Nur (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) SISWA KELAS VI SD NEGERI JATISARI KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Desi Dwi Nur Astuti.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada dua yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika di SD Negeri Jatisari Kecamatan Mlati, sedangkan tujuan khususnya penelitian adalah meningkatkan hasil belajar Luas Segi Banyak dan Volume Prisma Segitiga dan Tabung untuk siswa Kelas VI SD Negeri Jatisari Kecamatan Mlati Tahun pelajaran 2012/2013 melalui Pendidikan Matematika Realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan dengan desain spiral. Langkah pelaksanaan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri Jatisari sebanyak 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, dan tes. Observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika pada siswa kelas VI SD Negeri Jatisari meningkat setelah menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan nilai hasil tes siswa lebih dari KKM (65) dan mencapai 100% dari seluruh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan PMR dapat meningkatkan hasil belajar Luas Segi Banyak dan Volume Prisma Segitiga dan Tabung siswa kelas VI SD Negeri Jatisari Kecamatan Mlati tahun pelajaran 2012/2013. Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar. Hasil belajar siswa pada kondisi awal mencapai rata-rata skor 62,88 dan ketuntasan belajar klasikal 50%. Setelah dilakukan tindakan siklus I rata-rata hasil belajar mencapai skor 67,63 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 62,50%, dan pada tindakan siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar 72,81 dan ketuntasan belajar klasikal 100 %. Kata kunci: Hasil Belajar, Matematika, Pendidikan Matematika Realistik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jun 2013 00:53
Last Modified: 29 Jan 2019 18:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10540

Actions (login required)

View Item View Item