PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KEBONSARI BOROBUDUR MAGELANG

Arosy, Yuwanita Nur Konsul (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KEBONSARI BOROBUDUR MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yuwanita Nur Konsul Arosy.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SD Negeri Kebonsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan dengan desain spiral. Langkah pelaksanaan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kebonsari sebanyak 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Kebonsari meningkat setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata hasil tes siswa lebih dari KKM ( 65 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan tidak mengubah anggota kelompoknya pada setiap pembelajaran, dan hanya mengacak nomor kepala dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal itu terbukti berdasarkan hasil tes yang meliputi pada pra tindakan, terdapat 4 siswa atau 26,7% dari 15 siswa yang tuntas belajar. Pada siklus I, meningkat menjadi 8 siswa atau 53,3% yang tuntas belajar. Pada siklus II, meningkat lagi menjadi 13 siswa atau 86,7% yang tuntas belajar. Nilai rata-rata siswa pada pra tindakan yaitu 52,6 pada siklus I 63,3 dan pada siklus II menjadi 80. Kata kunci : Hasil Belajar, Matematika, Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 May 2013 07:37
Last Modified: 29 Jan 2019 18:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10422

Actions (login required)

View Item View Item