UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SD NEGERI 3 TLOGOWATU KLATEN

Utami, Jari (2013) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SD NEGERI 3 TLOGOWATU KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Jari Utami.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Jawa dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas IV SD Negeri 3 Tlogowatu Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Tlogowatu Klaten yang berjumlah 25 siswa. Objek penelitiannya adalah keterampilan berbicara bahasa Jawa. Desain penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus ada empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi (pengamatan) dan penilaian keterampilan berbicara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Tlogowatu Klaten. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kondisi awal nilai rata-rata siswa sebesar 61,75 menjadi 69,75 dengan persentase ketuntasan kondosi awal 24% menjadi 64%. Nilai rata-rata siswa pada siklus II menjadi 81,5 dengan persentase ketuntasan 96%. Kata Kunci: keterampilan berbicara bahasa jawa, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Apr 2013 03:48
Last Modified: 29 Jan 2019 18:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10330

Actions (login required)

View Item View Item