MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PADA BILANGAN CACAH DENGAN MENERAPKAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KEMANUKAN KABUPATEN PURWOREJO

Kusumahati, Titik Rahayu (2013) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PADA BILANGAN CACAH DENGAN MENERAPKAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KEMANUKAN KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Titik Rahayu Kusumahati.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika materi perkalian pada bilangan cacah dengan menerapkan Teori Belajar Bruner pada siswa kelas III SD Negeri Kemanukan Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan model spiral Kemmis & Mc. Taggart, langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Kemanukan yang berjumlah 23 siswa, 15 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar matematika materi perkalian pada bilangan cacah dengan menerapkan Teori Belajar Bruner pada siswa kelas III SD Negeri Kemanukan Kabupaten Purworejo. Hal itu ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai KKM dalam tiap siklus dan persentase aktivitas kelas. Hasil pretes menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mencapai KKM ada 7 siswa atau 30,43%. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM ada 18 siswa atau 78,26% dan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM ada 23 siswa atau 100%. Jumlah siswa yang mencapai KKM dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 5 siswa atau sebesar 21,74%. Berdasarkan hasil observasi, aktivitas siswa dalam mengikuti pelaksanaan tindakan dengan menerapkan Teori Belajar Bruner mengalami peningkatan yaitu pada siklus I persentase aktivitas kelas mencapai 73,59% dan pada siklus II mencapai 84,25%. Terjadi peningkatan sebesar 10,66%. Kata kunci: prestasi belajar, matematika, Teori Belajar Bruner.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Apr 2013 03:47
Last Modified: 29 Jan 2019 18:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10326

Actions (login required)

View Item View Item