MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING

Purnasari, Rita (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Rita Purnasari.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif, dengan subjek penelitian siswa kelas V Sekolah Dasar Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta dengan jumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan skala psikologi. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif untuk menganalisis data hasil observasi dan teknik kuantitatif untuk menganalisis data hasil skala psikologi. Untuk menentukan validitas instrumen digunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Hal itu ditunjukkan oleh peningkatan skor rata-rata motivasi belajar matematika siswa dan peningkatan jumlah siswa yang mencapai kategori sangat tinggi. Skor rata-rata motivasi belajar siswa sebelum tindakan adalah 52,45, pada akhir siklus I adalah 77,16, dan pada akhir sklus II adalah 88,12. Sedangkan jumlah siswa yang mencapai kategori tinggi pada pratindakan sebanyak 2 siswa (10%), akhir siklus I sebanyak 10 siswa (40%), dan akhir siklus II semua siswa (100%). Kata kunci : Model Quantum Teaching, motivasi belajar matematika, siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Mar 2013 03:23
Last Modified: 29 Jan 2019 18:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10222

Actions (login required)

View Item View Item