PENGGUNAAN MEDIA KARTU REMI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN WATES 2 MAGELANG

Hindayani, Rina (2013) PENGGUNAAN MEDIA KARTU REMI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN WATES 2 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Rina Hindayani.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan media kartu remi dalam meningkatkan prestasi penjumlahan bilangan bulat siswa kelas IV SD Negeri Wates 2 Magelang.Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri Wates 2 Magelang tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 25 orang. Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai komponen, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu tes, wawancara, pengamatan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif untuk memperjelasnya. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya kualitas proses ( aktivitas siswa dan peran guru ) dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kualitas proses dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika mengalami peningkatan pada setiap siklus. Kemampuan rata-rata siswa dalam pelajaran matematika sebelum adanya implementasi tindakan berkategori cukup. Namun setelah implementasi tindakan selama dua siklus, kemampuan rata-rata siswa dalam pelajaran matematika menjadi berkategori baik pada siklus I dan sangat baik pada siklus II. Hal ini berdasarkan hasil tes siswa dari sebelum tindakan dengan nilai rata-rata sebesar 63,24 dengan ketuntasan belajar 48% dan pada akhir siklus II nilai rata-rata menjadi 81 dengan ketuntasan belajar 96%. Selain dapat mencapai prestasi belajar (kognitif) tersebut, siswa juga menjadi berminat selama mengikuti pembelajaran. Kata kunci : Prestasi Belajar Matematika, Media Kartu Remi, Siswa Kelas IV.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Mar 2013 00:47
Last Modified: 29 Jan 2019 18:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10220

Actions (login required)

View Item View Item