UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT KELAS IVB SD BANGUNJIWO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMNETS (TGT)

Munawaroh, - (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT KELAS IVB SD BANGUNJIWO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMNETS (TGT). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Munawaroh.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika kelas IVB menggunakan model Teams Games Tournaments di SD Bangunjiwo. Jenis metode adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SD Bangunjiwo yang bayaknya 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Teams Games Tournaments dapat meningkatkan hasil belajar Matematika kelas IVB SD Bangunjiwo. Hal ini terbukti dengan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II. Rata-rata kelas siswa pada siklus I mencapai 72,31; pada siklus II meningkat menjadi 77,12. Jumlah dan persentase siswa yang mencapai angka KKM pada siklus I sebanyak 19 siswa atau 73,08%, dan pada siklus II meningkat menjadi 24 siswa atau 92,31% yang mencapai angka KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini berhasil meningkatkan hasil belajar Matematika kelas IVB SD Bangunjiwo Kata kunci: Hasil belajar Matematika, Model Teams Games Tournaments, Siswa SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Mar 2013 00:47
Last Modified: 29 Jan 2019 18:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10215

Actions (login required)

View Item View Item