Dwi Rani , Pratiwi (2012) PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMA NEGERI 1 PENGASIH. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
Cover-08520244054.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
bab 1-08520244054.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2-08520244054.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5-08520244054.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran-08520244054.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran TIK di SMA N 1 Pengasih; 2) mengetahui hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran TIK di SMA N 1 Pengasih setelah adanya permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Sampel penelitian memilih dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan media pemanfaatan internet dan kelas kontrol tanpa diberi perlakuan pemanfaatan internet. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda yang diberikan sebelum pembelajaran/pretest dan sesudah pembelajaran/posttest. Uji analisis karena syarat data normal dan homogen maka digunakan statistik parametris dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sebelum pembelajaran antara kelas eksperimen dan kontrol dari uji hipotesis rata-rata nilai pretest didapat bahwa tidak ada pengaruh/perbedaan hasil sebelum perlakuan. Namun sesudah perlakuan pembelajaran kelas eksperimen yang menggunakan media pemanfaatan internet hasilnya jauh lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang tanpa menggunakan pemanfaatan internet yang dapat ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 4,720 > 2,021 jadi hasil uji hipotesis didapat bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan pada kelas eksperimen dari uji hipotesis rata-rata nilai pretest dan posttest yang dapat ditunjukkan dengan nilai rata-rata pretest < nilai rata-rata posttest yaitu 73,66 < 84,5 jadi terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pemanfaatan internet berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : pemanfaatan internet, teknologi informasi dan komunikasi, hasil belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : pemanfaatan internet, teknologi informasi dan komunikasi, hasil belajar |
Subjects: | Perpustakaan Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Feb 2013 00:37 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9750 |
Actions (login required)
View Item |