LINDA SARI, DEWI (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCED ORGANIZER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA KELAS X. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
2 SOAL VALIDASI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
9.SOAL POSTTES.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I-08302244006.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II-08302244006.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V-08302244006.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
COVER-08302244006.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
DOKUMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN.pdf Download (742kB) | Preview |
|
|
Text
kisi-kisi setelah validasi.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
KUNCI JAWABAN SOAL PRE TEST.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
lamp9.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN15.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN 1-08302244006.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 1 JADWAL.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN 12.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN BAG DEPAN.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
LINDA OUT2.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
LKS.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
MATERI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
nilai kognitif.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
NORMALITAS AKTIVTS.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
OUTLINDA 1.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
RPP 1_pert.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
RPP 2_pert3_.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
SILABUS.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
SOAL POST TEST.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
SOAL PRE TEST OKE.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
tugas rumah 1.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
UJI HOMOGEN PRE, POST.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
UJI T.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
uji t aktivitas.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Image
1 (5).jpg Download (319kB) | Preview |
|
|
Image
1 (6).jpg Download (726kB) | Preview |
|
|
Image
1 (7).jpg Download (354kB) | Preview |
|
|
Image
BAPEDA.jpg Download (506kB) | Preview |
|
|
Image
PENGUJI.jpg Download (421kB) | Preview |
|
|
Image
post1.jpg Download (672kB) | Preview |
|
|
Image
rangkuman.jpg Download (749kB) | Preview |
|
|
Image
SK pembimbing.jpg Download (402kB) | Preview |
|
|
Image
SURAT PERNYATAAN KEPSEK.jpg Download (315kB) | Preview |
|
|
Image
tgs 1.jpg Download (255kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model Advanced Organizer terhadap aktivitas siswa, pengaruh penerapan model Advanced Organizer terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian experiment yang pelaksanaannya menggunakan jenis quasi experiment dengan desain pretest-postest control group design. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik cluster random sampling, yaitu secara acak dipilih dua kelas sebagai sampel, dengan syarat populasi tersebut harus bersifat normal dan homogen.Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Mlati dengan kelas XA sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran Advanced Organizer dan kelas XC sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran tanpa Advanced Organizer. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Penugasan Siswa, Soal Pre Test dan Post Test,Lembar Observasi aktivitas siswa . Berdasarkan data yang diperoleh dapat dilihat bahwa skor hasil belajar kognitif siswa pada kelas kontrol yang diberikan pembelajaran tanpa Advanced Organizer dapat ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata kelas 75,3. Sedangkan skor hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan Advanced Organizer ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata kelas 80,8. Pencapaian skor rata-rata hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kognitif kelas kontrol. Perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan uji t independent sample test yang menunjukkan taraf signifikansi P = 0,024 dimana < 0,05. Dengan demikian, dapat diputuskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran Advanced Organizer dengan kelas kontrol yang diberikan pembelajaran tanpa Advanced Organizer pada taraf kesalahan 5 %. Sedangkan untuk aktivitas siswa dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, atau dapat pula dilihat dari perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan uji t independent sample test yang menunjukkan taraf signifikansi P = 0,005 dimana < 0,05. sehingga dikatakan bahwa pembelajaran Advanced organizer meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Kata kunci : Aktivitas, hasil belajar kognitif, Advanced Organizer
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas, hasil belajar kognitif, Advanced Organizer |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 26 Dec 2012 00:32 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9266 |
Actions (login required)
View Item |