PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCED ORGANIZER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA KELAS X

LINDA SARI, DEWI (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCED ORGANIZER TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA KELAS X. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
2 SOAL VALIDASI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.SOAL POSTTES.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-08302244006.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-08302244006.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V-08302244006.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER-08302244006.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DOKUMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kisi-kisi setelah validasi.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KUNCI JAWABAN SOAL PRE TEST.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lamp9.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN15.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 1-08302244006.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 1 JADWAL.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 12.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN BAG DEPAN.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LINDA OUT2.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LKS.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MATERI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
nilai kognitif.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NORMALITAS AKTIVTS.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
OUTLINDA 1.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP 1_pert.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RPP 2_pert3_.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SILABUS.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SOAL POST TEST.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SOAL PRE TEST OKE.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
tugas rumah 1.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UJI HOMOGEN PRE, POST.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UJI T.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
uji t aktivitas.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Image
1 (5).jpg

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Image
1 (6).jpg

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Image
1 (7).jpg

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Image
BAPEDA.jpg

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Image
PENGUJI.jpg

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Image
post1.jpg

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Image
rangkuman.jpg

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Image
SK pembimbing.jpg

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Image
SURAT PERNYATAAN KEPSEK.jpg

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Image
tgs 1.jpg

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model Advanced Organizer terhadap aktivitas siswa, pengaruh penerapan model Advanced Organizer terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian experiment yang pelaksanaannya menggunakan jenis quasi experiment dengan desain pretest-postest control group design. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik cluster random sampling, yaitu secara acak dipilih dua kelas sebagai sampel, dengan syarat populasi tersebut harus bersifat normal dan homogen.Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Mlati dengan kelas XA sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran Advanced Organizer dan kelas XC sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran tanpa Advanced Organizer. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Penugasan Siswa, Soal Pre Test dan Post Test,Lembar Observasi aktivitas siswa . Berdasarkan data yang diperoleh dapat dilihat bahwa skor hasil belajar kognitif siswa pada kelas kontrol yang diberikan pembelajaran tanpa Advanced Organizer dapat ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata kelas 75,3. Sedangkan skor hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan Advanced Organizer ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata kelas 80,8. Pencapaian skor rata-rata hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kognitif kelas kontrol. Perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan uji t independent sample test yang menunjukkan taraf signifikansi P = 0,024 dimana < 0,05. Dengan demikian, dapat diputuskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran Advanced Organizer dengan kelas kontrol yang diberikan pembelajaran tanpa Advanced Organizer pada taraf kesalahan 5 %. Sedangkan untuk aktivitas siswa dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, atau dapat pula dilihat dari perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan uji t independent sample test yang menunjukkan taraf signifikansi P = 0,005 dimana < 0,05. sehingga dikatakan bahwa pembelajaran Advanced organizer meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Kata kunci : Aktivitas, hasil belajar kognitif, Advanced Organizer

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, hasil belajar kognitif, Advanced Organizer
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 26 Dec 2012 00:32
Last Modified: 29 Jan 2019 18:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9266

Actions (login required)

View Item View Item