Riyanto, Dwi Mahmud Rizki (2025) Pengembangan E-Modul IPAS Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Kelas IV SD. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
dwi mahmud rizki riyanto_23011040016.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
Abstract
Salah satu prinsip penerapan kurikulum merdeka di Indonesia adalah pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Teknologi dapat diintegrasikan ke dalam bahan ajar sebagai bagian dari komponen kurikulum. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk e-modul IPAS berbasis project based learning yang layak berdasarkan ahli materi dan ahli media; praktis bagi pendidik dan peserta didik; serta efektif untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan utama yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek uji coba terdiri dari 3 peserta didik dan 1 pendidik pada tahap one-to-one-trial; 9 peserta didik dan 1 pendidik pada tahap small group trial; 23 peserta didik dan 1 pendidik pada tahap field trial. Sementara pada tahap implementasi melibatkan 44 peserta didik yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, kuesioner, dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket respon peserta didik, angket respon pendidik, skala kemampuan kolaborasi, dan tes evaluasi kognitif. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif dengan uji skor n-gain, uji independent sample t-test, dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian dan pengembangan yaitu berupa produk e-modul IPAS berbasis project based learning yang layak, praktis, dan efektif. Kelayakan produk dari ahli materi dan ahli media memperoleh skor persentase 88,71% dengan kategori sangat layak. Kepraktisan produk dari respon pendidik dan peserta didik memperoleh skor persentase 81,58% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas berupa uji independent sample t-tes menunjukkan nilai signifikansi 0,022 < 0,05, uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifinaksi 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik kelas IV SD.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | e-modul, ilmu pengetahuan alam dan sosial, project based learning, kemampuan kolaborasi peserta didik |
| Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan FIP |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 03:17 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 03:17 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88822 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
