Faktor Penerimaan dan Penggunaan Platform Merdeka Mengajar serta Pengaruhnya terhadap Kompetensi Profesional Guru di SMKN 1 Depok, SMKN 2 Depok, dan SMAN 1 Depok Kabupaten Sleman dengan Menggunakan Unified Model of Electronic Government Adoption (UMEGA)

Utomo, Kunto Aji (2025) Faktor Penerimaan dan Penggunaan Platform Merdeka Mengajar serta Pengaruhnya terhadap Kompetensi Profesional Guru di SMKN 1 Depok, SMKN 2 Depok, dan SMAN 1 Depok Kabupaten Sleman dengan Menggunakan Unified Model of Electronic Government Adoption (UMEGA). S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
kunto aji utomo_23011640118.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penerimaan dan penggunaan Platform Merdeka Mengajar serta pengaruhnya terhadap kompetensi profesional guru di SMKN 1 Depok, SMKN 2 Depok, dan SMAN 1 Depok Kabupaten Sleman dengan menggunakan Unified Model of Electronic Government Adoption (UMEGA). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan ex-post facto. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara proportional cluster random sampling, dengan melibatkan 105 guru sebagai sumber data. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Uji validitas instrumen dilakukan menggunakan validitas konvergen dengan nilai AVE >0,5 dan validitas divergen menggunakan HTMT <0,9. Reliabilitas instrumen diuji melalui nilai Cronbach's Alpha (CA) >0,7, Composite Reliability (CR) rho_c >0,7, dan rho_a >0,7. Teknik analisis data menggunakan partial least square-structural equation modeling (PLS- SEM) dengan menggunakan SmartPLS V.4.0.0.9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ekspektasi kinerja berpengaruh positif dan signifikan sebesar 43,5% terhadap sikap penggunaan PMM, 2) ekspektasi upaya berpengaruh positif namun tidak signifikan sebesar 10,0% terhadap sikap penggunaan PMM, 3) pengaruh sosial berpengaruh positif dan signifikan sebesar 19,5% terhadap sikap penggunaan PMM, 4) kondisi yang memfasilitasi berpengaruh positif namun tidak signifikan sebesar 14,5% terhadap niat berperilaku menggunakan PMM, 5) kondisi yang memfasilitasi berpengaruh positif dan signifikan sebesar 65,9% terhadap ekspektasi upaya menggunakan PMM, 6), risiko yang dirasakan berpengaruh negatif dan signifikan sebesar -25,4% terhadap sikap individu mengenai penggunaan PMM, 7) sikap terhadap penggunaan PMM berpengaruh positif dan signifikan sebesar 72,7% terhadap niat berperilaku menggunakan PMM, 8) niat penggunaan PMM berpengaruh positif dan signifikan sebesar 55,4% terhadap perilaku penggunaan PMM, 9) perilaku penggunaan PMM berpengaruh positif namun tidak signifikan sebesar 24,8% terhadap kompetensi profesional guru. Meskipun pengaruh perilaku penggunaan Platform Merdeka Mengajar terhadap kompetensi profesional guru belum menunjukkan kekuatan yang signifikan, hasil ini tetap mengindikasikan adanya keterkaitan yang relevan antara keduanya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi profesional guru, platform merdeka mengajar, Unified Model of Electronic Government Adoption (UMEGA)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 17 Dec 2025 02:55
Last Modified: 17 Dec 2025 02:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88821

Actions (login required)

View Item View Item