MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 1 MAGELANG DAN SMP NEGERI 2 MAGELANG

Ayuningtyas, Noorina (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 1 MAGELANG DAN SMP NEGERI 2 MAGELANG. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
noorina ayuningtyas_19703251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pembelajaran pada Kurikulum Merdeka yang dilakukan di SMP Negeri 1 Magelang dan SMP Negeri 2 Magelang, yakni meliputi: (1) perencanaan pembelajaran; (2) pengorganisasian pembelajaran; (3) pelaksanaan pembelajaran; dan (4) evaluasi pembelajaran. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Sumber data penelitian antara lain Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Kepala Sekolah, serta guru di SMP Negeri 1 Magelang dan SMP Negeri 2 Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber data dan teknik pengambilan data. Analisis data menggunakan analisis kualitatif model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana setelah melakukan pengumpulan data dengan tahapan: (1) kondensasi data; (2) menampilkan data; dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian manajemen pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Magelang dan SMP Negeri 2 Magelang sebagai berikut: (1) Perencanaan pembelajaran dimulai dengan Lokakarya Perencanaan Pembelajaran, penyusunan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan), penyusunan Capaian Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran, dan Modul Ajar serta penyusunan KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran); (2) pengorganisasian pembelajaran dilakukan melalui penjadwalan dan alokasi waktu pembelajaran, pelaksanaan dan analisis Asesmen Diagnostik Kognitif, serta penentuan metode dan media pembelajaran intrakurikuler dan kokurikuler sesuai dengan rancangan Modul Ajar; (3) pelaksanaan pembelajaran dilakukan diawali dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup pada pembelajaran intrakurikuler dan kokurikuler; (4) evaluasi pembelajaran dilakukan dengan menyiapkan perangkat penilaian, pelaksanaan penilaian, serta penilaian dan analisis hasil evaluasi yang dilaksanakan secara formatif dan sumatif pada pembelajaran intrakurikuler dan kokurikuler.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran, kurikulum merdeka, sekolah menengah pertama
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Nov 2025 03:36
Last Modified: 28 Nov 2025 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88692

Actions (login required)

View Item View Item