MANAJEMEN KURIKULUM PADA SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI KARANGANYAR DAN SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA

AYUNINGTYAS, SHINTA KUSUMA (2023) MANAJEMEN KURIKULUM PADA SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI KARANGANYAR DAN SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
shinta kusuma ayuningtyas_19703251015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusi di SD Negeri Karanganyar dan SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator kurikulum, guru kelas, dan guru pembimbing khusus. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data mengacu pada model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana (2014) yaitu interactive model, dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kurikulum pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusi di SD Negeri Karanganyar dan SD Negeri Giwangan terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. (1) Perencanaan kurikulum inklusi disusun oleh tim pengembang kurikulum yang kemudian guru menyusun dan mensosialisasikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta silabus menggunakan kurikulum 2013 modifikasi dan Kurikulum Merdeka. (2) Pengorganisasian kurikulum inklusi dilakukan modifikasi untuk menyesuaikan kebutuhan anak berkebutuhan khusus di sekolah yang disesuaikan dengan visi, misi, dan tujuan sekolah. (3) Pelaksanaan kurikulum inklusi dilaksanakan oleh semua stakeholders sekolah, dalam kegiatan belajar anak berkebutuhan khusus menggunakan kelas reguler dan pull out dengan di dampingi guru pembimbing khusus. (4) Evaluasi kurikulum inklusi dilakukan oleh tim pengembang kurikulum di akhir tahun ajaran berdasarkan capaian dan hambatan guru, sedangkan evaluasi sumatif dilaksanakan setiap akhir semester.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Manajemen kurikulum, pendidikan inklusi, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Nov 2025 02:43
Last Modified: 28 Nov 2025 02:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88688

Actions (login required)

View Item View Item