STRATEGI MENINGKATKAN KOMITMEN GURU HONORER SEKOLAH DASAR NEGERI DALAM MUTU PEMBELAJARAN DI KECAMATAN KUNINGAN

PERTIWI, PUPUT PUTRI KHOLIFAH (2023) STRATEGI MENINGKATKAN KOMITMEN GURU HONORER SEKOLAH DASAR NEGERI DALAM MUTU PEMBELAJARAN DI KECAMATAN KUNINGAN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
puput putri kholifah pertiwi_20703251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui gambaran komitmen guru honorer sekolah dasar negeri Kecamatan Kuningan, (2) Menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen guru honorer di sekolah dasar negeri Kecamatan Kuningan bisa bertahan di institusi tersebut, (3) Mengeksplorasi strategi yang efektif untuk meningkatkan komitmen guru honorer sekolah dasar negeri dalam mutu pembelajaran di Kecamatan Kuningan. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif yang dalam pelaksanaannya melakukan eksplorasi melalui wawancara maupun observasi untuk memahami kondisi atau fenomena yang diteliti. Penelitian dilakukan dengan jenis fenomenologi yang datanya diambil dengan mempertanyakan langsung kepada orang-orang yang mengalami peristiwa. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Awirarangan, SDN 1 Purwawinangun, SDN 4 Kuningan, SDN 1 Citangtu, SDN 17 Kuningan, dan SDN Dukuhlor. Sumber data dalam penelitian ini adalah dengan para guru honorer yang ada di 6 sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan uji kredibilitas dimana dibagi dalam beberapa bagian yaitu perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, menampilkan data dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Komitmen guru honorer sekolah dasar negeri di Kecamatan Kuningan ternilai kurang baik. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen guru honorer yang paling penting yaitu iklim kerja, dukungan dari seluruh warga sekolah, kemudian komuniksi dan sikap yang baik antara guru honorer dengan seluruh warga sekolah akan menjadi faktor penentu bertahannya guru dalam bekerja. Selain itu, kurangnya kesejahteraan guru honorer mempengaruhi naik turunnya komitmen, melihat kompensasi yang tidak sebanding dengan kinerja guru honorer. Fasilitas sekolah pun menjadi salah satu factor penting juga dalam komitmen guru honorer. (3) Strategi yang efektif untuk meningkatkan guru honorer sekolah dasar negeri ialah startegi COMSACY (Communication, Salary, Policy) dengan adanya komunikasi yang baik antara guru honorer, kepala sekolah, guru-guru lain serta seluruh warga sekolah maka iklim sekolah akan kondusif dan efektif, sehingga akan semakin kompak dan menjalin kekeluargaan yang baik. Selain itu gaji yang layak untuk guru honorer, melihat tugas dan tanggung jawab guru honorer yang cukup besar sama seperti guru lain yang sudah berstatus ASN akan dirasa adil dengan memberikan kompensasi yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Kemudian yang terakhir adalah kebijakan-kebijakan yang dibuat dari pihak pemerintah seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kuningan untuk meningkatkan komitmen guru honorer yaitu dengan mengadakan pelatihan atau diklat untuk para guru honorer agar mutu pemberlajaran semakin berkualitas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komitmen, Guru Honorer
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 12 Nov 2025 02:19
Last Modified: 12 Nov 2025 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88518

Actions (login required)

View Item View Item