Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMKN 1 Jetis Mojokerto

Pradana, Aziz Cahya and Martubi, Martubi (2025) Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMKN 1 Jetis Mojokerto. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_aziz cahya pradana_21702251042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan karakteristik dan bentuk media video pembelajaran yang dikembangkan, (2) Untuk menilai kelayakan media video pembelajaran yang dikembangkan, dan (3) Untuk mengukur efektivitas penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi melaksanakan spooring roda. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Jetis Mojokerto dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XII pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan jumlah 36 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis (pretest dan posttest) serta penilaian praktik siswa dalam melakukan spooring roda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media video pembelajaran yang dikembangkan memiliki karakteristik visual berbasis praktik langsung, disusun berdasarkan kurikulum, serta dilengkapi narasi dan animasi sederhana. (2) Media ini telah dinyatakan sangat layak oleh para ahli dan mendapatkan tanggapan positif dari guru dan siswa. (3) Uji efektivitas melalui pretest dan posttest menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan, baik dalam pemahaman konsep maupun keterampilan praktik spooring roda. Dengan demikian, media video pembelajaran ini efektif dan dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang mendukung peningkatan kompetensi siswa dalam pelaksanaan spooring roda sesuai standar kerja bengkel. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan kepada guru pengampu mata pelajaran Chasis Otomotif dan siswa SMK untuk menerapkan media video pembelajaran dalam proses belajar, khususnya pada materi spooring roda. Penggunaan video pada pertemuan praktik yang berkaitan akan membantu siswa memahami konsep secara lebih visual dan konkret, serta meningkatkan kesiapan mereka dalam menghadapi dunia kerja.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: ADDIE; Chasis; Hasil Belajar; Spooring; Video Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Oct 2025 04:16
Last Modified: 20 Oct 2025 04:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87943

Actions (login required)

View Item View Item