Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SD Negeri 11 Suak Tapeh

Azti, Hilda Arifina (2025) Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SD Negeri 11 Suak Tapeh. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_hilda arifina azti_21604221031.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran PJOK di SD Negeri 11 Suak Tapeh menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan model CIPP. Data dikumpulkan melalui angket dengan subjek penelitian berupa 1 guru PJOK dan 38 peserta didik SD Negeri 11 Suak Tapeh yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner, dan data dianalisis dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran PJOK menggunakan model CIPP menghasilkan nilai rata-rata pada guru sebagai berikut: (1) Context = 3,00, (2) Input = 2,86, (3) Process = 3,13, (4) Product = 3,00, dengan rata-rata keseluruhan sebesar 3,00 dari skor maksimal 4,00. Sementara itu, untuk peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebagai berikut: (1) Context = 3,52, (2) Input = 3,52, (3) Process = 3,54, (4) Product = 3,63, dengan rata-rata keseluruhan sebesar 3,55 dari skor maksimal 4,00. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PJOK di SD Negeri 11 Suak Tapeh telah terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: CIPP, evaluasi, pembelajaran PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Jul 2025 07:00
Last Modified: 31 Jul 2025 07:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87516

Actions (login required)

View Item View Item