Pengembangan Simulator Kelistrikan Bodi Otomotif Untuk SMK Konsentrasi Keahlian TKR Dengan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri.

Rabiman, Rabiman and Surjono, Herman Dwi (2025) Pengembangan Simulator Kelistrikan Bodi Otomotif Untuk SMK Konsentrasi Keahlian TKR Dengan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_rabiman_19702261005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) menghasilkan media pembelajaran berupa simulator kelistrikan bodi otomotif; 2) mengungkap unjuk kerja, kelayakan, kepuasan pengguna, dan efektifitas penggunaan simulator yang dihasilkan dalam pembelajaran dengan pendekatan inkuiri bagi siswa teknik kendaraan ringan. Penelitian ini merupakan research and development dengan Model ADDIE. Instrumen pengambilan data meliputi pedoman wawancara, angket, dan tes. Semua intrumen dinyatakan valid; validitas angket diperoleh melalui expert judment dan Aiken-V (0,86-1), sementara itu soal pre-tes dan pos-tes melalu uji R point biserial (≥0,3). Reliabilitas soal tes dihitung melalui KR-21 (0,71) dan reliabilitas angket dihitung dengan Alpha Cronbach (0,86). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Konsentrasi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK N 2 Yogyakarta dan SMK Perindustrian tahun 2023/2024, masing-masing sebanyak 60 orang. Desain penelitian adalah quasi experiment dengan rancangan pretest- posttest control-group design. Analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji Anova digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Simulator kelistrikan bodi otomotif yang dihasilkan telah sesuai dengan kebutuhan pembelajaran sistem kelistrikan bodi otomotif di SMK. 2) Unjuk kerja simulator tersebut ditinjau dari uji fungsional, kompatibilitas, dan testimoni masuk kategori “sangat baik”. 3) Kelayakan simulator tersebut menurut ahli materi dan ahli media termasuk dalam kategori “sangat layak”. 4) Penggunaan simulator tersebut memberikan tingkat kepuasan dengan kategori “sangat tinggi”. 5) Penggunaan simulator tersebut di kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan di kelas kontrol yang diajar menggunakan trainer kelistrikan bodi otomotif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa simulator kelistrikan bodi otomotif yang dihasilkan sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran kelistrikan kendaraan ringan di SMK.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: kelistrikan, kendaraan ringan, media pembelajaran, simulator
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:49
Last Modified: 08 Jul 2025 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87357

Actions (login required)

View Item View Item