Yudha, Irvan and Rochayati, Umi (2024) Kesiapan Laboratorium Teknik Elektronika Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Sidoarjo terhadap Kebutuhan Era Industri 4.0. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
tesis_irvan yudha_22702251009.pdf Restricted to Registered users only Download (29MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perencanaan laboratorium teknik elektro sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kabupaten Sidoarjo dalam hal kesesuaiannya dengan kebutuhan Industri 4.0, ketersediaan peralatan laboratorium menurut standar laboratorium Industri 4.0, pemeliharaan dan pengelolaan laboratorium, kebergunaan laboratorium dalam memenuhi kebutuhan praktikum siswa, dan kompetensi laboran dalam menggunakan alat laboratorium. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan mixed method. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Sidoarjo, SMKN 1 Jabon, SMK YPM 8 Sidoarjo, SMK Antartika 2 Sidoarjo, SMK YPM 4 Taman, dan SMK Krian 2 Sidoarjo. Objek penelitian ini adalah laboratorium dasar teknik elektro, laboratorium teknik elektronik, laboratorium kendali industri, dan laboratorium kontrol. Responden dalam penelitian ini meliputi wakil kepala sekolah bagian sarana dan prasarana, guru produktif, dan laboran. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara, serta dengan menggunakan angket, dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif perhitungan skala persentase. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan laboratorium teknik elektronika di SMK di Kabupaten Sidoarjo telah disesuaikan dengan kebutuhan Industri 4.0. (2) Ketersediaan peralatan dengan teknologi Industri 4.0 berdasarkan buku norma dan standar laboratorium Industri 4.0 adalah 54,1% kategori kurang siap. (3) Pelaksanaan pemeliharaan dan pengelolaan laboratorium teknik elektronika di SMK di Kabupaten Sidoarjo belum sepenuhnya optimal. (4) Kebergunaan laboratorium adalah 54,4 dari skor maksimal 64 (kategori sangat setuju). (5) Laboran yang memiliki sertifikat adalah 16,7% (kategori tidak siap). Penelitian selanjutnya disarankan untuk mendalami penerapan teknologi Industri 4.0 di laboratorium SMK, terutama di bidang teknik elektronika, dengan fokus pada kesiapan teknis dan dampaknya terhadap pembelajaran siswa. Selain itu, kajian komparatif antara sekolah berakreditasi tinggi dan rendah dapat dilakukan untuk memahami pengaruh akreditasi terhadap kesiapan laboratorium dalam menghadapi Industri 4.0. Penelitian juga dapat mengeksplorasi penggunaan virtual sebagai alternatif pembelajaran praktikum, mengkaji efektivitasnya dalam melengkapi, atau menggantikan peralatan fisik berbasis teknologi.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | elektronika, Industri 4.0, kesiapan, laboratorium |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 27 May 2025 06:22 |
| Last Modified: | 27 May 2025 06:22 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86842 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
