PENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR KOMPUTER DAN JARINGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH RONGKOP GUNUNGKIDUL

DANANG ARI, SUSILO (2012) PENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR KOMPUTER DAN JARINGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH RONGKOP GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-07520244076.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-07520244076.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-07520244076.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-07520244076.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran Komputer dan Jaringan melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD; memaparkan tanggapan siswa kelas X SMK Muhammadiyah Rongkop terhadap implementasi pembelajaran kooperatif Teknik STAD. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Pelaksanaanya berlangsung 2 siklus disesuaikan dengan alokasi waktu dan pokok bahasan yang dipilih. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah Rongkop yang berjumlah 20 orang. Pegumpulan data dengan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Instrumen yang digunakan meliputi : lembar observasi keaktivan belajar, praktikum, dan tes prestasi belajar. Analisis data adalah kualitatif dan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran Komputer dan Jaringan. Aktivitas belajar siswa yang diambil berdasarkan pengamatan mengalami peningkatan yang memuaskan dari siklus I ke siklus II. Hasil dari pengamatan aktivitas belajar siswa yang meliputi beberapa aspek didapati peningkatan rata – rata semua aspek yaitu siklus I 50,6 % menjadi 64,4 % pada siklus II dari jumlah siswa keseluruhan. Hasil belajar diamati dari tes siswa yang juga mengalami peningkatan, dari rerata 77,75 siklus I menjadi 81,7 siklus II. Tanggapan siswa terhadap implementasi pembelajaran kooperatif teknik STAD berdasarkan angket tertutup diperoleh hasil 50 % siswa menyatakan sangat setuju dan 50 % menyatakan setuju, tidak ada satupun yang menyatakan tidak setuju dan sangat tidak setuju. Angket terbuka 65 % yang dirasakan positif dan 35 % menyatakan bahwa metode ini inovatif. Kata kunci : Pembelajaran kooperatif tipe STAD, pelajaran komputer dan jaringan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe STAD, pelajaran komputer dan jaringan
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Dec 2012 00:54
Last Modified: 29 Jan 2019 17:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8674

Actions (login required)

View Item View Item