Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games For Understanding dan Direct Intruction Terhadap Keterampilan Passing Bola Voli ditinjau Dari Kekuatan Lengan Peserta Didik Kelas XI SMA Budi Utama

Ciptadi, aniar Dwi Prihatin (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games For Understanding dan Direct Intruction Terhadap Keterampilan Passing Bola Voli ditinjau Dari Kekuatan Lengan Peserta Didik Kelas XI SMA Budi Utama. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_zaniar dwi prihatin ciptadi_23060540002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran Teaching Games For Understanding dan Direct Intruction Terhadap Keterampilan Passing Bola Voli Ditinjau dari Kekuatan Lengan Peserta Didik Kelas XI SMA Budi Utama. Metode penelitian eksperimen diberlakukan untuk menerapkan model pembelajaran Teaching Games for Understanding dan Direct Intruction sebanyak 4 kali pertemuan pada kelas XI yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pengukuran pada hasil keterampilan passing bawah bola voli meninjau kekuatan lengan peserta didik. Teknik analisis Uji mengadakan pengujian terhadap normal tidaknya sebaran data yang akan menggunakan Kolmogorof Smirnov dengan bantuan SPSS 26. Hasil analisis data menunjukkan hasil analisis Uji Hipotesis pada indikator perlakuan model pembelajaran Teaching Games For Understanding dan Direct Intruction ditinjau dari kekuatan lengan terhadap keterampilan passing bola voli diperoleh nilai signifikansi pada kekuatan lengan terhadap keterampilan passing bola voli (p<0,05). Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikansi terhadap kedua model pembelajaran. Hasil tersebut menunjukan bahwa kedua model pembelajaran tidak terdapat pengaruh yang signifikan karena kedua model pembelajaran memiliki pengaruh yang sama untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli dan diperoleh nilai signifikansi pada kekuatan lengan terhadap keterampilan passing bola voli 0.000 (p<0,05). Hasil dalam penelitian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikansi pada kekuatan lengan terhadap keterampilan passing bola voli. selain itu diperoleh nilai tidak signifikansi pada kedua model pembelajaran 0.553 (p>0,05). Hasil dalam penelitian dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kedua model pembelajaran karena kedua model pembelajaran memiliki pengaruh yang sama untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sigit Nugroho, M.Or.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, kekuatan lengan, passing bola voli
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 May 2025 07:50
Last Modified: 28 May 2025 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86691

Actions (login required)

View Item View Item