Magang dalam Situated Learning: Studi Etnografi pada Kelompok Pengrajin Marmer di Kabupaten Tulungagung.

Dewi, Adin Ariyanti and Hanum, Farida (2025) Magang dalam Situated Learning: Studi Etnografi pada Kelompok Pengrajin Marmer di Kabupaten Tulungagung. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_adin ariyanti dewi_21703261070.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB)

Abstract

Magang merupakan salah satu metode pembelajaran tertua yang masih digunakan hingga saat ini. Magang tidak hanya dilakukan dalam pendidikan formal, akan tetapi juga banyak diterapkan dalam pendidikan nonformal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkap aktivitas magang dalam situated learing yang dilakukan pada tiga perusahaan marmer di Kabupaten Tulungagung, (2) menginterpretasikan kelemahan aktivitas magang di tiga perusahaan marmer di Kabupaten Tulungagung, dan (3) menemukan pola magang dalam situated learning yang produktif bagi peserta magang dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi etnografi yang dilakukan pada kelompok pengrajin marmer. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan menulis catatan etnografi. Analisis data menggunakan analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen, dan analisis tema. Untuk menentukan keabsahan data, peneliti membuat kerangka kerja etnografis dan menggunakan triangulasi sumber, waktu, dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas magang di pabrik marmer berlangsung melalui partisipasi aktif antara pemagang dengan permagang, di dalamnya terdapat tahapan modeling, mentoring, dan implementasi mulai dari pengenalan alat dan bahan, cara menggunakannya, hingga cara membentuk kerajinan marmer; (2) kelemahan aktivitas magang dipengaruhi oleh keterlambatan bahan baku serta resiko kecelakaan kerja yang kurang mendapatkan perhatian; (3) pola magang dalam situated learning yang produktif dapat dilakukan melalui partisipasi periferal yang sah antara pemagang dan permagang sehingga memunculkan tiga hal utama yaitu (a) di dalam komunitas praktik terdapat interaksi sosial, mentoring, dan kolaborasi sejawat antar pemagang; (b) pada konteks otentik, pemagang belajar secara langsung di lokasi magang; dan (c) di dalam perwujudan, terdapat hasil kinerja pemagang, efikasi diri, dan pengakuan diri pemagang.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: kelompok pengrajin marmer, magang, situated learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Vocational > Business and Management
Vocational > Creative Industries and Arts
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Apr 2025 03:01
Last Modified: 28 Apr 2025 03:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86631

Actions (login required)

View Item View Item