Napitupulu, Dora Natasya (2025) PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MEDIA EDUCAPLAY DI KELAS VC SD NEGERI JARAKAN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
SKRIPSI FIX_DORA NATASYA NAPITUPULU.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat belajar IPAS peserta didik masih rendah karena media pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan minat belajar IPAS menggunakan media Educaplay pada peserta didik kelas VC SD Negeri Jarakan. 2) Mengetahui hasil peningkatan minat belajar IPAS menggunakan media Educaplay pada peserta didik kelas VC SD Negeri Jarakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch) dengan subjek penelitian peserta didik kelas VC SD Negeri Jarakan Kabupaten Bantul yang berjumlah 20 peserta didik, dengan 9 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc taggart yang tindakannya dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus tahapan yang digunakan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan dan Observasi dan (3) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket minat belajar. Instrumen berupa lembar observasi dan lembar angket belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan adalah 75% dari seluruh peserta didik kelas VC SD Negeri Jarakan telah mencapai kategori tinggi yaitu dengan presentase 75%-100%. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat 1) Peningkatan minat belajar peserta didik kelas VC melalui media permainan edukatif (Educaplay) pada pembelajaran IPAS. Penggunaan media Educaplay dalam pembelajaran IPAS mampu menarik perhatian dan minat peserta didik selama pembelajaran. 2) Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan persentase minat belajar peserta didik yang meningkat setiap siklusnya. Pada pra siklus, persentase minat belajar memperoleh kategori tinggi sebanyak 5% atau 1 peserta didik. Pada siklus I, persentase minat belajar memperoleh kategori tinggi sebanyak 60% atau 6 peserta didik. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan persentase 90% atau 16 peserta didik. Kata Kunci: Minat belajar, IPAS, Educaplay, Penelitian Tindakan Kelas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 02:02 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 02:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85964 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |