PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA IPAS KELAS IV SDN BUNDER 1 PATUK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS)

Thalysa, Leza (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA IPAS KELAS IV SDN BUNDER 1 PATUK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Leza Thalysa-21108249001_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN Bunder 1 Patuk dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran IPAS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Adapun tahapan penelitiannya adalah perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes soal evaluasi. Teknik analisis data yang dilakukan berupa deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar kelas IV SDN Bunder 1 Patuk. Hasil penelitian tersebut pada pra siklus dengan nilai rata – rata sebesar 45,66%. Pada pelaksanaan tindakan siklus I meningkat dengan nilai rata – rata sebesar 61,78%. Kemudian, pada pelaksanaan tindakan siklus II juga meningkat dengan nilai rata – rata sebesar 77,99%. Selain itu, untuk hasil psikomotorik siswa meningkat dilihat dari keaktifan siswa melakukan diskusi dengan teman kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran kooperatif STAD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Mar 2025 06:28
Last Modified: 04 Mar 2025 06:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85930

Actions (login required)

View Item View Item