Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Pada Kurikulum Merdeka SMP Negeri di Kabupaten Sleman

Maryana, Sisca Tri (2024) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Pada Kurikulum Merdeka SMP Negeri di Kabupaten Sleman. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_sisca tri maryana_20733251010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi mata pelajaran PJOK pada Kurikulum Merdeka SMP Negeri di Kabupaten Sleman. (2) Kendala Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi mata pelajaran PJOK pada Kurikulum Merdeka SMP Negeri di Kabupaten Sleman. (3) Solusi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian campuran (mixed methods). Subjek penelitian ini adalah Guru PJOK di SMP Negeri se-Kabupaten Sleman dan peserta didik di masing-masing sekolah yang diambil berdasarkan purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi mata pelajaran PJOK pada Kurikulum Merdeka SMP Negeri di Kabupaten Sleman tertinggi pada kategori “kurang” yaitu sebesar 64,17%. SMP Negeri se-Kabupaten Sleman sudah menerapkan Kurikulum Merdeka, dan sudah menerapkan pendekatan dengan pembelajaran berdiferensiasi secara bertahap. (2) Kendala dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi mata pelajaran PJOK pada Kurikulum Merdeka SMP Negeri di Kabupaten Sleman yaitu untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, seorang guru menghadapi beberapa tantangan salah satunya adalah waktu, di mana pengajaran berbeda untuk setiap peserta didik memerlukan lebih banyak waktu daripada pengajaran yang seragam Guru harus memberikan perhatian tambahan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan memahami materi, sementara peserta didik yang lebih cepat dalam pemahaman merasa ingin pembelajaran berlanjut. Hal ini memaksa guru untuk lebih kreatif dalam variasi pembelajaran, meskipun seringkali waktu terbatas. Selain itu guru juga mengalami kesulitan dalam persiapan bahan ajar yang berbeda untuk setiap peserta didik, termasuk pembuatan materi visual dan kinestetik. (3) Solusi yang dilakukan dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi mata pelajaran PJOK pada Kurikulum Merdeka SMP Negeri di Kabupaten Sleman yaitu guru mencari informasi atau referensi tentang asesmen pembelajaran dan rutin mengikuti pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar yang diadakan.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nurhadi Santoso, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: implementasi, pembelajaran berdiferensiasi, PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Mar 2025 06:55
Last Modified: 04 Mar 2025 06:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85647

Actions (login required)

View Item View Item