Rusady, Fahriza Zulva (2025) IMPLEMENTASI PROSES BERFIKIR COMPUTATIONAL THINKING (CT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS VI SDN 2 KATEKAN MATERI ALJABAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Skripsi Fullteks_Fahriza Zulva Rusady Sidang .pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa kelas VI SD Negeri 2 Katekan dengan mengimplementasikan proses berfikir computational thingking (CT) pada materi aljabar. Design penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Tempat penelitian di SDN 2 Katekan, Gantiwarno,Klaten, Jawa Tengah. Subjek Penelitian berjumlah 8 siswa terdiri dari 6 siswa perempuan dan 2 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Penelitian ini dianggap berhasil jika jumlah siswa kelas VI SDN 2 Katekan memiliki nilai diatas KKT yaitu 75 sebanyak >75% dari seluruh siswa serta nilai aktivitas guru dan siswa memiliki nilai >80%. Penerapan Computational Thinking (CT) dalam pembelajaran aljabar di SD dapat meningkatkan penguasaan materi dan kemampuan problem solving siswa. Penerapan CT pada aspek abstraksi dan dekomposisi melatih siswa memahami dan memecah masalah menggunakan media seperti kartu. Pengenalan pola dan algoritma melalui pembelajaran konkret, seperti permen dan teknologi Scratch, meningkatkan minat dan pemahaman konsep. Sementara itu, debugging dan generalisasi melalui presentasi dan refleksi memperkuat pemahaman serta kemampuan siswa menerapkan konsep pada berbagai masalah. Peningkatan sebesar 28,75% dari survei awal hingga Siklus II mencerminkan adanya peningkatan kemampuan problem solving siswa. Hasil observasi aktivitas guru 77,27% menjadi 85,22% dan hasil observasi siswa dari 73,98% menjadi 83,33% menunjukkan bahwa guru dan siswa sudah menguasai 3 dari 5 indikator computational thinking sehingga dikatakan penelitian berhasil dan penelitian berhenti di siklus II. Kata Kunci : Computational Thinking (CT), Kemampuan Problem Solving, Aljabar, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 02:20 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 02:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85492 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |