PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI SIRAMAN 2 KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Manafe, Chatarina Lidya (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI SIRAMAN 2 KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_Chatarina Lidya Manafe.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu kata bergambar pada siswa kelas I SD Negeri Siraman 2. Hal ini dilatarbelakangi oleh peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa yang kurang signifikan. Selain itu kurang antusiasnya siswa mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia untuk kegiatan membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Negeri Siraman 2 yang berjumlah 15 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini ditunjukkan apabila siswa yang mendapatkan nilai ≥ 75 mencapai 75% dan kriteria persentase rata-rata nilai kemampuan membaca permulaan seluruh siswa minimal mendapatkan kategori sedang (65%-79%). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri Negeri Siraman 2. Kemampuan membaca permulaan siswa dapat meningkat melalui proses pembelajaran dengan media kartu kata bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kemampuan membaca permulaan menunjukkan peningkatan, dilihat dari persentase hasil pada pratindakan 60%, siklus I 70%, dan siklus II 79%. Siswa yang mendapatkan nilai ≥ 75 juga mengalami peningkatan, pratindakan 4 siswa, siklus I 6 siswa, dan siklus II 12 siswa. Kriteria persentase rata-rata nilai kemampuan membaca permulaan seluruh siswa juga sudah mencapai kategori sedang. Keberhasilan dalam penelitian ini sudah tercapai karena siswa yang mendapatkan nilai ≥ 75 sudah mencapai 75% dan kriteria persentase rata-rata nilai kemampuan membaca permulaan seluruh siswa sudah mencapai kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemberian kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Siraman 2. Kata kunci : membaca permulaan, kartu kata bergambar, sekolah dasar, siswa kelas 1 SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Feb 2025 08:06
Last Modified: 12 Feb 2025 08:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85403

Actions (login required)

View Item View Item