PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER LANGEN CARITA DI SD NEGERI KARANGNONGKO 1 KALASAN

Septiani, Salsa Cahya (2024) PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER LANGEN CARITA DI SD NEGERI KARANGNONGKO 1 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI_SALSA CAHYA SEPTIANI_20108244080.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai karakter dan mendeskripsikan tentang penanaman pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler Langen Carita di SD Negeri Karangnongko 1 Kalasan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh situasi yang tidak banyak terjadi di sekolah dasar, yakni penanaman pendidikan karater melalui kegiatan ekstrakurikuler Langen Carita. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pelatih, dan dua siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Langen Carita. Objek penelitian ini berupa nilai pendidikan karakter dan penanamannya. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui langkah-langkah analisis data menurut Miles & Huberman yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Langen Carita menanamkan karakter melalui tiga unsur seni, yaitu drama, tari, dan musik dengan strategi penanaman karakter. proses latihan, naskah drama, dan gerakan tari yang terdapat dalam pementasan. Nilai-nilai pendidikan karakter ditanamkan melalui: 1) religius melalui pembiasaan rutin; 2) jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, dan peduli sosial melalui pembiasaan spontan; 3) disiplin dan tanggung jawab melalui penegakan kedisiplinan; 4) semangat kebangsaan dan cinta tanah air ditanamkan dengan internalisasi nilai karakter melalui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler; 5) gemar membaca melalui strategi pengkondisian. Kata Kunci: Nilai Karakter, Strategi Penanaman Karakter, Langen Carita

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Dec 2024 02:24
Last Modified: 30 Dec 2024 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84774

Actions (login required)

View Item View Item