PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN MEDIA BERBASIS AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 1 GONDANG KLATEN

Nurhalimah, Nurhalimah (0002) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN MEDIA BERBASIS AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 1 GONDANG KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
NURHALIMAH_20108244019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan media audiovisual di kelas II SD Negeri 1 Gondang, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian tindakan kelas adalah peserta didik kelas II SD Negeri 1 Gondang yang terdiri dari 12 peserta didik, dengan rincian 4 putri dan 8 putra. Teknik yang dipergunakan dalam mengumpulkan data adalah teknik observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk bicara, lembar observasi guru, dan lembar observasi peserta didik. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Adapun kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila peserta didik mendapat nilai minimal 75 dengan kategori terampil. Begitu pula dengan aktivitas guru dan peserta didik yang diperoleh harus lebih dari 85%. Proses peningkatan keterampilan berbicara peserta didik kelas II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan media audiovisual melibatkan seluruh peserta didik kelas II untuk bersama-sama menyaksikan media audiovisual yang ditayangkan oleh guru. Penggunaan media audiovisual dapat meningkatkkan antusias, pemahaman materi dan keterampilan berbicara peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil observasi pada siklus I dan II menunjukan peningkatan partisipasi aktif guru dari 80% mencapai 90%. Peningkatan hasil keterampilan berbicara siklus I ke siklus II yakni sebanyak 4 peserta didik (33%) menjadi 10 peserta didik (83%) yang mencapai nilai ketuntasan dari keseluruhan peserta didik. Nilai rata-rata keterampilan berbicara siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan yaitu dari 67 menjadi 82. Peningkatan pada indikator juga terlihat pada tiap aspeknya, yaitu aspek ketepatan ucapan (lafal) sebesar 12%, aspek volume sebesar, aspek pemilihan kata (diksi) sebesar 14%; aspek intonasi sebesar 19%, aspek isi pembicaraan sebesar 12%, aspek kelancaran dan keberanian sebesar 10% dan aspek bahasa tubuh sebesar 12%. Kata kunci: Bahasa Indonesia, keterampilan berbicara, media audiovisual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Dec 2024 03:46
Last Modified: 18 Dec 2024 03:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84729

Actions (login required)

View Item View Item