Pramudhita, Tesyalonika Dhevina (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD BOPKRI TUREN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Tesyalonika Dhevina Pramudhita.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Perencanaan pembelajaran IPAS; (2) Pelaksanaan pembelajaran IPAS; (3) Asesmen pembelajaran IPAS; (4) Refleksi dan Rencana Tindak Lanjut pembelajaran IPAS kelas IV dalam Kurikulum Merdeka di SD Bopkri Turen. Penelitian ini juga mendeskripsikan kendala yang ditemui guru dan upaya mengatasi kendala dalam Implementasi pembelajaran IPAS kelas IV dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan subjek penelitian yaitu guru kelas IV dan peserta didik kelas IV SD Bopkri Turen. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran IPAS secara berdiferensiasi dilakukan dengan menganalisis CP IPAS; merumuskan tujuan pembelajaran IPAS; kemudian merumuskan alur tujuan pembelajaran IPAS. Perencanaan projek pembelajaran IPAS berupa “Cooking Day” dimulai dengan melakukan riset mengenai projek yang akan dikerjakan kemudian berdiskusi bersama untuk membagi kelompok serta tugas tiap-tiap anggota kelompok. Pelaksanaan pembelajaran IPAS dilaksanakan dengan menggunakan strategi pembelajaran yang beragam berupa metode inkuiri terbimbing, cooperative learning, metode two stay two stray, dan metode diskusi teman sejawat atau peer teaching. Sumber belajar yang digunakan antara lain yaitu buku terbitan Kemendikbud serta buku panduan yang diterbitkan penerbit lain. Media yang digunakan berupa alat dan bahan untuk “Cooking Day” berupa peralatan memasak, sayur-mayur, ayam dan es batu. Projek “Cooking Day” membantu siswa mempelajari materi IPA melalui proses memasak yaitu tentang perubahan wujud benda dan materi IPS melalui kegiatan transaksi jual-beli yang dialami siswa secara langsung. Kegiatan asesmen, refleksi, dan rencana tindak lanjut dilaksanakan seperti pelaksanaan asesmen, refleksi, dan rencana tindak lanjut pada umunya. Kendala yang dihadapi guru kelas IV dalam implementasi pembelajaran IPAS yaitu sulit menemukan media pembelajaran yang kontekstual. Untuk mengatasi kendala tersebut, guru kelas IV sering berdiskusi dengan rekan sesama guru, atau mendiskusikan kendala tersebut pada rapat sehingga guru-guru lain yang mungkin pernah menjumpai kendala serupa dapat memberikan saran. Kata kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPAS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 08:06 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 08:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84715 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |