Pengembangan Instrumen Asesmen Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebinekaan Global pada Jenjang SM

Satria, Mohammad Rizky and Setiawati, Farida Agus (2024) Pengembangan Instrumen Asesmen Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebinekaan Global pada Jenjang SM. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_mohammad rizky satria_22701251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan konstruk instrumen asesmen karakter berkebinekaan global pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP), (2) mendeskripsikan kualitas instrumen asesmen karakter berkebinekaan global yang dikembangkan, dan (3) mendeskripsikan profil berkebinekaan global di jenjang SMP dengan instrumen yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dari mulai tahap perencanaan, uji coba dan analisis, hingga merakit instrumen. Subjek uji coba penelitian adalah 374 murid kelas 7-9 dari SMPN 2 Kasihan dan SMPN 3 Sewon, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pembuktian validitas isi menggunakan indeks V-Aiken yang melibatkan enam ahli substansi. Pembuktian validitas konstruk menggunakan Analisis Faktor Eksploratori untuk mengeksplorasi struktur faktor dan Analisis Faktor Konfirmatori untuk mengonfirmasi struktur faktor yang telah ditemukan. Pengestimasian reliabilitas menggunakan metode konsistensi internal dengan McDonald’s Omega. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Konstruk instrumen asesmen karakter berkebinekaan global yang terdiri dari tiga aspek (apresiasi keberagaman, bias kelompok, serta perspektif dan komunikasi) dengan jumlah butir sebanyak 18 pernyataan. (2) Instrumen hasil penelitian valid berdasarkan isi dan struktur internal. Seluruh butir memiliki nilai V-Aiken > 0,79 dan muatan faktor (λ) > 0,3 yang mengelompok pada 3 faktor dengan indeks kecocokan model Chi-square = 1,8, GFI 0,929, RMSEA = 0,046, SRMR = 0,053, CFI = 0,915, dan TLI = 0,903, menunjukkan bahwa struktur faktor yang dihipotesiskan telah sesuai dengan struktur yang ditemukan pada data empiris. Instrumen juga dinyatakan reliabel dengan nilai reliabilitas total McDonald’s Omega sebesar 0,833, menunjukkan bahwa instrumen yang telah dikembangkan memiliki tingkat keandalan yang baik. (3) Profil karakter berkebinekaan global responden berada pada kategori Mulai Berkembang 6%, Sedang Berkembang 40%, Berkembang Sesuai Harapan 47%, dan Sangat Berkembang 7%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: berkebinekaan global, instrumen asesmen, karakter
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Dec 2024 03:09
Last Modified: 12 Dec 2024 03:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84665

Actions (login required)

View Item View Item